Waktu Imsak dan Sahur

July 28, 2011
by

Tiap menjelang subuh di bulan Ramadhan, kita akan sering mendengar peringatan imsak yang dikumandangkan dari masjid, radio, televisi ataupun penanda waktu lain. Anehnya sebelumnya biasanya akan terdengar ucapan yang pada dasarnya menyatakan bahwa, kaum muslimin harap segera menghentikan makan dan minum karena waktu makan sahur telah habis.

quran

www.hdwallpapersbest.com

Menurut Zaid bin Tsabit saat ditanya oleh Anas bin Malik, tentang jarak waktu adzan dan sahur Rasululloh, ia menjawab ”kira-kira seperti lamanya membaca 50 ayat Al Qur an” (HR. Bukhori dan Muslim). Padahal hadits ini sebenarnya hanyalah penjelasan tentang kebiasaan Rasululloh, dan bukan merupakan batasan terakhir dalam sahur. Padahal dalam Al qur an dengan sangat jelas menyatakan “Makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dan benag hitam , yaitu fajar (Al Baqarah:187).

Berdasar ayat tersebut dapat difahami bahwa batas akhir waktu sahur adalah terbit fajar. Sedang terbit fajar itu ditandai dengan adzan subuh, sebagaimana hadits berikut:

Makan dan minumlah kalian sampai Ibnu Ummi maktum mengumandangkan adzan (HR. Bukhari).

Dari sini jelas bahwa akhir sahur adalah masuknya waktu fajar yang ditandai dengan dikumandangkannya adzan subuh. Imam Hanafi, Syafi’i, Maliki, Hanbali dan jumhur ulama dari kalangan para sahabat, tabiin dan tabiut tabiin, mereka sepakat bahwa waktu dimulainya puasa adalah dengan terbitnya fajar.

   Jadi kumandang imsak selain tidak ada contohnya dari Nabi dan para salaf saleh, tidak jarang menyebabkan seseorang meninggalkan makan sahur. padahal pada makan sahur terdapat barakah.

Alasan imsak dengan kahati-hatian juga tidak masuk akal, karena Nabi tidak pernah memberi ketentuan tersebut. Jika nabi tidak mengajarkan hal ini, pakah kita kemudian lantas menuduh Nabi tidak mengajarka kehati-hati-hatian? Apakah ada orang yang lebih hati-hati selain Rasululloh?

Alhasil, jika kita mendengar imsak sedang kita masih makan sahur yang diteruskan saja, karena masih ada waktu bagi kita makan sahur hingga terdengar adzan subuh.

————————–

sumber: http://muslim.or.id

Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Post
«
Next Post
»

Switch to our mobile site