labvir listrik

Menggunakan sejumlah piranti laboratorium memang akan sangat menunjang pemahaman kita akan konsep suatu ilmu pengetahuan, hal ini karena suatu yang terdapat di buku kadang merupakan hal yang abstrak dan sulit dipahami. Dan memang suatu harapan yang sangat wajar jika diantara para pembelajar ingin melakukan praktik di laboratorium. Sayangnya tidak semua sekolah memberikan kesempatan para peserta didik untuk menikmatinya. Berbagai alasan memang mengemuka ketika ada keinginan menggunakan lab. Hal yang sangat umum dijumpai adalah kurang lengkapnya alat, tidak berfungsinya sejumlah alat yang akan digunakan (misalnya rusak, tidak ada sumber daya listrik, de el el), tidak ada petugas laboran yang siap sedia menyiapkan alat dan ruang untuk digunakan pada setiap kompetensi yang akan dipraktekkan, guru yang kurang menyediakan waktu menyiapkan alat, LKS, merawat alat, dan sederet alasan lain.

Dari sederet alasan tersebut umumnya akan bermuara, bahwa ujian sekolah (baik UN ataupun US) “tidak ada ujian praktik”. Padahal sudah dapat dipastikan, praktik atau eksperimen akan menjadikan kita lebih memahami konsep-konsep sain.

Nah, untuk menangkis sederet alasan “ketidakbisaan” kita praktik di sekolah kita bisa buat sendiri laboratorium  di rumah, tidak perlu tenaga laboran, tidak perlu menyiapkan alat, tidak perlu membereskan alat habis pakai.

Untuk memanfaatkan laboratorium virtual listrik , kita bisa mencoba aplikasi Circuit Construction Kit. Aplikasi ini cukup kecil ukuran filenya, tetapi untuk menjalankannya diperlukan aplikasi Java Runtime Environment atau JRE.

Circuit Construction Kit (DC Only)

Click to Run

 

 

 

Laboratorium maya (virtual lab.) yang akan kita bahas kali ini adalah untuk memahami konsep listrik searah. Kita tahu, sejumlah komponen penunjang untuk praktik di lab. sekolah tidak jarang bermasalah saat digunakan. Menggunakan virtual lab. juga menghindarkan dari resiko yang mungkin terjadi. Oke kali ini kita akan menggunakan aplikasi berbasis Java yang dapat didownload secara gratis, ukurannya juga lumayan kecil.  Aplikasi ini memerlukan JRE yang bila di komputer belum terinstall dapat di download di sini.

Untuk menggunakan aplikasi ini cukup mudah, hanya dengan klik pada komponen di sebelah kanan layar kemudian tarik ke kanvas. selanjutnya, hubungkan komponen-komponen yang diperlukan dengan kawat (wire) sehingga menjadi rangkaian tertutup. Kita juga dapat melengkapi rangkaian dengan alat ukur, sebagai pelengkap untuk melakukan analisa. Terdapat tiga macam alt ukur, voltmeter, ammeter, dan non contact ammeter. Sebagaimana pada rangkaian sesungguhnya, voltmeter dirangkai dengan paralel dengan bagian yang akan diukur, ammeter dirangkai seri dengan rangkaian, sedang non contact ammeter digunakan dengan cara menempelkan pada bagian yang akan diukur.

Sejauh pengalaman saya, aplikasi ini cukup bagus untuk belajar rangkaian listrik, karena kita tidak perlu membeli alat untuk keperluan percobaan (eksperimen). Juga kita tidak perlu khawatir dengan kerusakan pada alat karena kesalahan rangkaian, misalnya lampu listrik yang putus karena arus listrik yang mengalir terlalu besar.

Jadi, silakan bereksperimen dengan aplikasi ini.

Share on Facebook

8 Comments for this entry

  • Useful information. Lucky me I found your website accidentally, and I
    am surprised why this accident didn’t took place earlier!

    I bookmarked it.

  • John Stones says:

    Joohn Stones
    When someone writes an piece of writing he/she retaains the idea
    off a user in his/her brain that how a user can be aware of it.

    Therefore that’s why thhis piece of writing is perfect. Thanks!

  • John Stones says:

    John Stones
    You are so awesome! I do not suppose I have read
    through anything likle this before. So great to find somebody
    with unique thoughts on thi issue. Seriously..
    many thanks for starting this up. This site is something
    that is needed on the web,someone woth a biit of originality!

  • Thanks for your splendid remarks and we would certainly like to supply some cost-free pick up and drop off if you are
    buying flower delivery from my web portal.

  • lartino.fr says:

    Now I am ready to do my breakfast, later than having my breakfast coming again to read
    other news.

  • Cuando este resto se dispone de inmediato, y se limpia en seguida los elementos de
    la licuadora la limpieza es muy sencilla. Mi experiencia, por si acaso
    interesa a alguien, es adquirir una ‘masticadora’ segun foros y
    demás la mejor es una tal CHAMPIONS., para hacer puré los frijoles, Hay otras formas fáciles y muy sanas de tomar fruta: una licuadora batidora en casa.
    de América) por pieza y 18.64 (dieciocho dólares estadounidenses y 64 centavos de los No es preciso pelar la fruta gracias a su prensa equipada con un verme que deja
    la extracción del jugo de forma inmejorable.

  • spectre hd says:

    Así que en el más puro estilo de Brian y Stewie nos vamos a hacer desde Barna
    un Road to SPECTRE el miércoles (vamos, mañana), que podréis ir siguiendo por mi Twitter Aparte del
    posterior artículo y como es lógico la crítica del filme que publicaré acá mismo ( igual que el making of de
    las fotografías que acompañan a este texto, y de las que vais a ir viendo más próximamente).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Post
«
Next Post
»

Switch to our mobile site