labvir listrik

Menggunakan sejumlah piranti laboratorium memang akan sangat menunjang pemahaman kita akan konsep suatu ilmu pengetahuan, hal ini karena suatu yang terdapat di buku kadang merupakan hal yang abstrak dan sulit dipahami. Dan memang suatu harapan yang sangat wajar jika diantara para pembelajar ingin melakukan praktik di laboratorium. Sayangnya tidak semua sekolah memberikan kesempatan para peserta didik untuk menikmatinya. Berbagai alasan memang mengemuka ketika ada keinginan menggunakan lab. Hal yang sangat umum dijumpai adalah kurang lengkapnya alat, tidak berfungsinya sejumlah alat yang akan digunakan (misalnya rusak, tidak ada sumber daya listrik, de el el), tidak ada petugas laboran yang siap sedia menyiapkan alat dan ruang untuk digunakan pada setiap kompetensi yang akan dipraktekkan, guru yang kurang menyediakan waktu menyiapkan alat, LKS, merawat alat, dan sederet alasan lain.

Dari sederet alasan tersebut umumnya akan bermuara, bahwa ujian sekolah (baik UN ataupun US) “tidak ada ujian praktik”. Padahal sudah dapat dipastikan, praktik atau eksperimen akan menjadikan kita lebih memahami konsep-konsep sain.

Nah, untuk menangkis sederet alasan “ketidakbisaan” kita praktik di sekolah kita bisa buat sendiri laboratorium  di rumah, tidak perlu tenaga laboran, tidak perlu menyiapkan alat, tidak perlu membereskan alat habis pakai.

Untuk memanfaatkan laboratorium virtual listrik , kita bisa mencoba aplikasi Circuit Construction Kit. Aplikasi ini cukup kecil ukuran filenya, tetapi untuk menjalankannya diperlukan aplikasi Java Runtime Environment atau JRE.

Circuit Construction Kit (DC Only)

Click to Run

 

 

 

Laboratorium maya (virtual lab.) yang akan kita bahas kali ini adalah untuk memahami konsep listrik searah. Kita tahu, sejumlah komponen penunjang untuk praktik di lab. sekolah tidak jarang bermasalah saat digunakan. Menggunakan virtual lab. juga menghindarkan dari resiko yang mungkin terjadi. Oke kali ini kita akan menggunakan aplikasi berbasis Java yang dapat didownload secara gratis, ukurannya juga lumayan kecil.  Aplikasi ini memerlukan JRE yang bila di komputer belum terinstall dapat di download di sini.

Untuk menggunakan aplikasi ini cukup mudah, hanya dengan klik pada komponen di sebelah kanan layar kemudian tarik ke kanvas. selanjutnya, hubungkan komponen-komponen yang diperlukan dengan kawat (wire) sehingga menjadi rangkaian tertutup. Kita juga dapat melengkapi rangkaian dengan alat ukur, sebagai pelengkap untuk melakukan analisa. Terdapat tiga macam alt ukur, voltmeter, ammeter, dan non contact ammeter. Sebagaimana pada rangkaian sesungguhnya, voltmeter dirangkai dengan paralel dengan bagian yang akan diukur, ammeter dirangkai seri dengan rangkaian, sedang non contact ammeter digunakan dengan cara menempelkan pada bagian yang akan diukur.

Sejauh pengalaman saya, aplikasi ini cukup bagus untuk belajar rangkaian listrik, karena kita tidak perlu membeli alat untuk keperluan percobaan (eksperimen). Juga kita tidak perlu khawatir dengan kerusakan pada alat karena kesalahan rangkaian, misalnya lampu listrik yang putus karena arus listrik yang mengalir terlalu besar.

Jadi, silakan bereksperimen dengan aplikasi ini.

Share on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Post
«
Next Post
»

Switch to our mobile site